Teknik Atasi Sinyal Hilang Pada Ponsel

Teknik Atasi Sinyal Hilang Pada Ponsel

Pernahkah mengalami HP yang tidak ada sinyal atau hilang? Terkadang ketika kita kembali menyalakan ponsel, tiba-tiba  tidak ada sinyal ataupun jaringan yang muncul pada LCD ponsel setelah memasukkan simCard. Lalu bagaimana mengatasi hal ini? Tidak perlu panik dan jangan langsung dibawa ke tukang service karena hal ini bisa kita atasi sendiri jika kita mau

 Cara Atasi HP Tidak ada Sinyal atau Hilang


Bagaimana Mengatasi sinyal yang hilang pada ponsel kita? Pertama, Periksa terlebih dahulu bagian komponen antena dan konektor antena. Pastikan sambungan bagus dan tidak ada yang terputus. Apalagi bila ponsel anda merupakan ponsel dengan antena dalam, berhubungan dengan PCB atau mainboard melalui dua pointer kontak yang elastis. Bila kedua pointer kontak ini mengalami kontak yang jelek, masalah yang muncul adalah tidak adanya jaringan (no network) dan penerimaan sinyal yang jelek bahkan sinyal hilang (no signal). Khususnya dengan mesin yang terbentur atau jatuh ke dalam air, kontak yang jelek dan oksidasi akan terjadi pada pointer kontak. Saklar antena adalah satu-satunya jalan untuk rnenerima dan mengirim sinyal, jika rusak atau penyolderan pin-nya rusak, akan muncul masalah tidak adanya network atau transmisi.

Yang kedua, lakukan pencarian jaringandengan mode manual pada pengaturan jaringan di ponsel. Jika dengan metode manual ini gagal dalam mencari jaringan, jadi kita bisa pastikan ada masalah dalam IC RF (HAGAR), gantilah IC RF (HAGAR) ini maka masalah akan selesai.

Jaringan dapat dicari dengan metode manual tetapi kadang-kadang gagal, bahkan tidak dapat terhubung juga dengan jaringan. Gejala ini disebabkan masalah IC RF (HAGAR), IC AUDIO (COBBA). Jika modul COBBA menampakkan adanya kesalahan, kemungkinan besar memang disebabkan oleh penyolderan BGA-nya dan unit-unit di sekitarnya yang buruk, atau kekurangan arus, sedangkan kebanyakan masalah HAGAR dikarenakan unit-unitnya buruk.

Jika mencari jaringan dengan metode manual pada ponsel kita hanya mendapatkan 1 (satu) operator/penyedia jasa layanan selular saja, maka ada masalah dengan IC VCO, gantilah IC VCO ini maka masalah akan selesai.

Jika memang tidak ada masalah dengan metode manual, periksalah jalur arus dari battery ke IC PA, jika tidak ada masalah dengan jalur selanjutnya kita periksa apakah komponen IC PA berfungsi dengan baik. Kita bisa gunakan multitester untuk menguji IC PA, jika ternyata IC PA tidak berfungsi dengan baik, kita ganti IC PA ini maka masalah akan selesai.

Usai pengujian dan perbaikan pada hardware kita lakukan tetapi sinyal tetap belum ada/hilang, maka penelusuran kita beranjak pada softwarenya. Kita lakukan flash ponsel sesuai dengan jenis ponsel dan versi software ponsel sebelumnya ataupun dengan versi software yang lebih baru (lihat di upgrade Android).

Masalah sinyal sebenarnya disebabkan oleh 2 hal yakni, kualitas sinyal dari BTS operator yang lemah dan kondisi ponsel itu sendiri yang memang memiliki masalah di dalamnya. Jika pancaran sinyal BTS memang tidak memiliki masalah sama sekali maka bisa dipastikan, masalah yang terjadi disebabkan oleh ponsel. Handphone yang bermasalah dengan sinyal juga memiliki 2 kemungkinan. Masalah yang bersalah dari software atau hardware.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan perbaikan software dengan tuning signal. Jika setelah melakukan tuning signal masih saja meiliki masalah, maka langkah terakhir adalah melakukan pergantian pada komponen switch antena, IC RF, PA, Audio dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan lemahnya sinyal ponsel.

Switch antena yang lemah, bukan berarti harus dilakukan pergantian. Jika memang dana yang dimiliki sangat terbatas, maka kita bisa melakukan jumper switch antena tanpa harus mengganti IC PA.

Mengatasi HP (Handphone) Tidak ada Sinyal

Teknik Jumper Switch Antena HP


Peralatan untuk Teknik Jumper :
  • Solder berikut timah 0,3 mm
  • Cairan Flux
  • Kabel jumper 0,3 mm

Langkah-langkah :
  • Lepaskan casing ponsel sampai tinggal PCB/Board Ponsel
  • Siapkan kabel jumper untuk disambung pada titik yang sesuai pada gambar, tepatnya di IC PA
  • Setelah melakukan jumper, satukan kembali bagian-bagian ponsel seperti semula.
  • Ponsel sudah bisa digunakan dengan tangkapan sinyal yang lebih baik.

Untuk efek dari teknik jumper switch antena ini berpengaruh pada kemampuan ponsel dual band menjadi satu band saja, yakni 900 MHz. Jika memang tidak ingin kehilangan dual band menjadi satu band, maka alternatifnya adalah melakukan pergantian IC PA dengan yang baru.

Baca Juga Kumpulan Antivirus untuk android Gratis

Demikian Cara Mengatasi Sinyal HP yang Hilang. Sebelum melakukan hal diatas ada baiknya anda membaca juga teknik dasar dari alur eletronika sehingga lebih mudah memahami. Salam.

Mohon Kunjungi Sumber artikel DISINI

Oke Demikianlah informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua

11 Responses to "Teknik Atasi Sinyal Hilang Pada Ponsel"

  1. hp samsung core sy setelah sy bongkar terjadi problem yaitu ketika dimasukan simcard dipengaturan APNny terbaca ttp jaringanya tidak muncul.kira2 yg harus sy perbaiki yg mana gan

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Gan saya punya xiaomi mi4i namun signal mentok di posisi edge tidak mau LTE. Sudah di setting LTE tidak mau. Apa rusak IC PA atau IC RF ya gan?

    BalasHapus
  4. Gan saya punya xiaomi mi4i namun signal mentok di posisi edge tidak mau LTE. Sudah di setting LTE tidak mau. Apa rusak IC PA atau IC RF ya gan?

    BalasHapus
  5. harga ac vco untuk xiomi redmi 3 brapa ya...?

    BalasHapus
  6. Gan hp saya nyedot baterai dan lama ngecasnya bahkan saat di nonaktifkan pun terkuras sampe susah di cas dan tak mengisi jga jaringan edge nya gak ada cma 3g dan 4g. Kira2 masalahnya dari apanya yuah

    BalasHapus
  7. DewaDominoQQ mengajak anda mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN

    * Bonus Referral 20% Seumur Hidup
    * Bonus Turnover 0,5%

    Dengan bermain game online seru dan berpenghasilan sampai puluhan juta perhari, hanya dengan minimal Rp 15.000,- anda sudah bisa bermain 7 games dengan 1 id, hanya di DewaDominoQQ
    HOT PROMO DARI DEWADOMINOQQ untuk para member kami :

    * Bonus Referral 20% Seumur Hidup
    * Bonus Turnover 0,5%

    Agen Poker Online Terpercaya di Indonesia
    - Permainannya antara lain:
    - Bandar poker
    - DominoQQ
    - AduQ
    - Poker
    - BandarQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Sakong
    - Bandar66 NEW

    HOT PROMO DARI DEWADOMINOQQ untuk para member kami :

    * Bonus Referral 20% Seumur Hidup
    * Bonus Turnover 0,5%

    Untuk info contact dan customer service kami DewaDominoQQ , Anda bisa menghubungi kami di :
    BBM : 2B5E9CDB
    Facebook : dewadominoqq
    Twitter : dewadominoqq
    Whatsapp : +85593827759
    YM : dewadominoqq@yahoo.com

    BalasHapus
  8. Gan HP saya sm-g530f
    4g nya hilang, cuma ada wcmda gsm

    BalasHapus
  9. Gan HP saya sm-g530f
    4g nya hilang, cuma ada wcmda gsm

    BalasHapus
  10. Berapa biaya ganti ic pa samsung j7prem

    BalasHapus